Apa itu format WebP apa keunggulannya,apa kelemahannya dan apa fungsinya
Home » Berita Hari Ini » Panduan SEO » Apa itu format WebP apa keunggulannya,apa kelemahannya dan apa fungsinya

Apa itu format WebP apa keunggulannya,apa kelemahannya dan apa fungsinya

Apa itu format WebP apa keunggulannya, apa kelemahannya dan apa fungsinya

Apa itu format WebP

WebP adalah bentuk format gambar yang sifatnya modern dan mampu memberi kompresi lossless ataupun lossy untuk gambar di Web. Saat kamu memilih kemudian menggunakan WebP, Maka webmaster dan web developer dapat membuat gambar dalam ukuran yang lebih kecil tanpa menurunkan kualitas gambar sehingga membuat web menjadi lebih cepat. Ini sangat berguna bagi pengguna seluler untuk mengonsumsi lebih sedikit bandwidth. Google menjanjikan bahwa gambar WebP lossless 26% lebih kecil dari PNG. Di bawah indeks kualitas SSIM yang sama, gambar WebP yang hilang berukuran 25-34% lebih kecil daripada gambar JPEG serupa.

Keunggulan WebP

Seperti disebutkan di atas, keuntungan dari WebP adalah ukurannya yang lebih kecil. Mengompresi file gambar untuk membuatnya lebih kecil dan lebih efisien biasanya menurunkan kualitas. Umumnya, semakin banyak gambar dikompresi, semakin buruk efeknya, misalnya gambar akan memiliki banyak noise. Dapat membuat gambar yang disimpan dalam format WebP jauh lebih kecil dari JPEG dan PNG, dan memiliki kualitas yang sama. Penting juga bahwa format gambar WebP mendukung transparansi. Tentu saja, gambar transparan sangat berguna di web. Anda dapat menggunakannya untuk logo, dll. Alternatif menarik untuk png.

Kelemahan WebP

Perlu kalian tahu bahwa Format gambar WebP berpotensi mampu merubah kecepatan situs web. Bisa menjadi lebih cepat dan bahkan lebih baik daripada menggunakan PNG atau JPEG yang dikompresi. Ini karena WebP menggunakan algoritma kompresi yang lebih efektif. WebP memiliki dua jenis, lossy dan lossless, dan dapat menghasilkan file yang lebih kecil dengan kualitas yang sebanding.

Kelemahan WebP

Meski WebP memberikan banyak manfaat, mengapa tidak lebih banyak orang yang menggunakannya? Kerugian utamanya adalah meskipun semakin banyak browser menambahkan dukungan, tidak semua browser saat ini mendukung format gambar WebP. Silakan buka halaman ini melihat daftar browser web yang mendukung WebP.

Tentu saja, jika kita menggunakan WebP di Web, kita juga harus mempertimbangkan cara memuat gambar di browser Web yang tidak mendukung WebP. Oleh karena itu, ini akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan, tetapi berguna untuk menghemat kinerja.

Fungsi Format WebP

Gambar Google WebP adalah solusi untuk situs web yang lebih cepat. Semakin kecil ukuran gambar, semakin sedikit waktu pemuatan yang dibutuhkan. Selain meningkatkan performa website, format WebP juga akan menghemat penggunaan bandwidth. Ini sangat membantu, apalagi jika ada banyak gambar di website.

Baca Juga: Cara Mengubah Gambar atau JPG,PNG ke WebP gratis

Tentang penulis : Aji Ngamarta Ramadhan
Tell us something about yourself.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *