5 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 detik
Home » Berita Hari Ini » Panduan SEO » 5 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 detik

5 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 detik

Bagaimana cara agar artikel terindex google? Tenang, Kami akan bongkar sejumlah fakta yang akhir-akhir ini banyak menjadi keluhan banyak Blogger. Untuk meningkatkan layanan Google Search Console, Pihak Google menonaktifkan Fitur Inspec URL. Mengetahui hal ini, banyak blogger pemula merasakan dampaknya. Ya benar, Mereka tidak bisa mengirimkan Url permalink ke GSC. Sehingga, Artikel yang baru diterbitkan sulit untuk di Index oleh mesin pencari.

Padahal, Sumber trafik terbaik yang bisa meningkatkan nilai DA maupun PA adalah Artikel dan banyaknya jumlah Backlink yang tertenam. Keduanya harus di Imbangi. Apabila salah satu bermasalah, maka akan terasa sulit untuk meningkatkan trafik. Tidak hanya itu, bahkan nilai Autority Domain akan menurun.

Ketika hal itu menimpa blog kalian, Maka akan muncul resiko yang sangat besar. Salah satunya adalah Trafik tidak bertambah. Bahkan ada pula yang mengalami penurunan. Lalu bagaimana cara mengatasi agar artikel cepat terindex Google? Coba pahami Daftar dibawah ini.

Cara agar Artikel terindex Google dalam hitungan 1 detik

  1. Buat artikel Unik dan berbeda;
  2. Terbitkan artikel secara terjadwal;
  3. Daftarkan Blog lalu Verifikasi ke Google Search Console;
  4. Submit sitemap ke Google Search console; Lakukan Ping ke Tools Seo Mypagerank;
  5. Migrasi dari blogger ke WordPress Hosting;Isntall Plugin PWA;

Perlu kalian pahami… Sebenarnya cara tersebut masuk pada kategori Optimasi SEO Of page Bab 1. Dimana ketika baru menerbitkan artikel maka wajib untuk mengirimkan url ke Google Web master supaya permalink artikelnya masuk pada antrian Crawl. Sehingga, Cara ini tidak memberi pengaruh pada posisi serp google.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar isi Table of Content di Blog Blogger, WordPress

Masalah artikel yang tiba-tiba tidak terindex ini adalah hal wajar. Setiap blogger pasti mengalami hal ini, Mungkin bagi Master SEO masalah ini bukan persoalan serius. Tapi, Bagi blogger pemula, Masalah ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan blog miliknya.

Untuk memudahkan praktek, Mari bahas satu per satu dari daftar cara mempercepat index atikel diatas.

Buat artikel Unik dan berbeda

Jika kamu adalah seorang blogger yang berarti Writer atau Author, Maka harus bisa menyajikan Informasi unik dan relavan. Sedangkan kata “Beda” dalam hal ini merujuk pada struktur Artikel yang kamu buat. Contoh yang paling mudah adalah penerapan Heading dan Item list atau number list. Usahakan artikel itu punya ciri-ciri yang mencolok. Sehingga Meski kamu tidak mengirimkan artikel ke Search Console, Google akan merayapi artikel tersebut.

Baca juga : Menjalankan skrip PHP dibelakang layar menggunakan laravel.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Perlu kamu tahu, Google suka dengan konten unik dan fresh. Ketika kamu menerapkan Strategi itu, Maka secara langsung, Robot Crawl akan mendeteksi konten Anda. Ketika menemukan perbedaan yang sangat besar, Maka saat itu juga Artikel yang baru saja di Publikasi akan langsung di Index.

Ini bukan hal yang mustahil lagi. Apapun bisa terjadi ketika kamu membuat perubahan pada artikel. Belajar lah menulis dengan baik, Pahami struktur yang benar.

Terbitkan artikel secara terjadwal

Jika kalian amati, Situs-situs berita sangat terlihat aktif. Bahkan hampir 24 jam mereka menerbitkan artikel. Apa tujuanya? Selain supaya tidak tertinggal berita terbaru, Mereka membuat adaptasi dengan robot Crawl google. Ketika proses adaptasi itu tercapai, Maka dengan sendirinya, Robot Crawl akan selalu aktif menjelajahi seluruh halaman pada situs tersebut. Dalam arti lain, mereka tidak perlu memanggilnya lewat Fitur Inspec URL yang ada pada Google Search Console.

Memang situs berita dikelola oleh banyak orang. Tapi, perlu anda ingat. Mereka semua bukan robot yang tidak memerlukan istirahat. Sehingga untuk membuat blognya selalu aktif, Mereka memanfatkan fitur penjadwalan.

Kamu bisa mengikuti strategi mereka. Caranya adalah, Kamu harus bisa menerbitkan minimal 3 artikel dalam 1 minggu. Perlu kamu catat, Ingat… Custom waktu jam dan tanggal publikasi. Hal ini akan memudahkan Algoritma merayapi konten kalian. Atur waktu yang sama dalam 1 minggu tersebut.

Contoh : Jika kamu hanya sanggup menerbitkan artikel pada hari senin, rabu dan minggu serta pada pukul 13.00 WIB, Maka buat penjadwalan pada perencanaan artikel kalian. Usahakan pada minggu ke 2, Kamu menggunakan waktu yang sama. Hal ini akan membuat blog kalian terlihat hidup di Hadapan mesin pencari.

Daftarkan Blog lalu Verifikasi ke Google Search Console

Jika blog kamu tiba-tiba tidak terindex, Mungkin saja ada backlink spam. Kamu tidak perlu menghapus backlink itu, Biarkan saja. Terus fokus memproduksi artikel berkualitas, Kemudian publish di waktu yang sama. Ini merupakan salah satu cara yang sering saya gunakan ketika Root domain terindikasi spam. Dengan Menambah artikel maka sekor spam akan turun dengan sendirinya.

Solusi lain ketika Artikel tidak terindex Google atau artikel deindex adalah dengan mendaftarkan ulang blog ke Google Webmasters. Cara ini sangat ampuh dan akan membuat seluruh artikel di Crawl ulang. Tapi, ada satu kerugian yang akan kalian peroleh. Mungkin saja blog akan mengalami penurunan trafik yang sifatnya sementara.

Itu kasus yang wajar menurut saya. Karena setelah semua artikel terindex Ulang, Artikel baru dan lama akan terindex dengan cepat.

Submit sitemap ke Google Search console

Mengirim ulang sitemap sebenarnya tidak 100% membantu. Kenapa? Setelah saya uji, Memang Google akan mengindex Artikel baru. Tapi, tetap membutuhkan waktu 2-4 hari. Bagi saya itu cukup lama, Karena biasanya dalam hitungan detik atau menit. Meski demikian, Tetap saja ini cara yang bisa kamu pilih jika memang cara diatas (1-3) tidak kunjung memberi solusi.

Untuk blogger, Kamu bisa mengirim ulang sitemap setelah menerbitkan artikel baru. Kamu bisa menggunakan Url domainkamu.com/sitemap.xml lalu tunggu proses indexing

Lakukan Ping ke Tools Seo Mypagerank

Melakukan ping sama saja memanggil robot Crawl google untuk merayapi suatu halaman. Ini merupakan cara lama dan sering saya gunakan jika memang dibutuhkan. Ada banyak sekali layanan ping gratis diluar sana. Baik yang secara otomatis atu secara manual. Tapi saran, Pilih manual saja.

Rekomenasi Tools online yang bisa kamu gunakan adalah Mypagerank Kamu bisa buka situs tersebut. Kemudian, lakukan ping root domain 1 kali dalam sehari. Ini akan memberi perubahan pada waktu index artikel pada halaman blog Kalian. Salah satunya adalah mempercepat index Google.

F.A.Q

Berapa lama website terindex di google?

Atas dasar pengalaman, Setelah artikel terbit. Google akan langsung merayapi URL dan masuk pada struktur template dan schema Artikel. Jika Struktur yang digunakan Valid maka paling cepat 1 detik dan paling lama 6 bulan. Proses index yang terjadi dalam 1 detik berlaku pula untuk website berita dan blog yang aktif menerbitkan artikel dalam hitungan jam

Kenapa artikel tidak muncul di google?

Masalah umum yang sering terjadi adalah adanya penolakan robot.txt dan terjadi pula pada Artikel yang terdeteksi sebagai konten spam.

Bagaimana cara agar situs kita ditemukan di mesin pencari?

Langkah pertama yaitu mendaftarkan Blog ke Google Serach Console dan Mempelajari berbagai optimasi SEO. Baik Off Page maupun On Page, Sehingga artikel atu blog yang dibangun bisa bersaing dengan kompetitor.

Apa yang dimaksud dengan Search Engine Optimization?

Search Engine Optimization adalah tindakan pengoptimalan suatu halaman. Tujuanya yaitu mempercepat proses idexing dan meningkatkan kualitas peringkat pada Hasil penelusuran.

Cara mengetahui Blog sudah terindex di Google

Ketik perintah site:alamatblog.com atau url:alamatartikel.com pada kotak pencarian google. Jika menunjukan hasil, maka artinya Blog sudah terindex di Google.

Cara ping Website ke Google

Buka situs Mypagerank, kemudian ketik alamat root domain dan klik Ping. Dengan begitu, Tools akan mulai bekerja. Tunggu sampai proses ping itu selesai.

Tentang penulis : Aceng Gimbal
Sosok antusias dengan dunia Blogging untuk mengejar perubahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *