Menu Tutup

Cara agar tidak Mendengkur saat kamu tidur

Cara agar tidak Mendengkur saat kamu tidur

Cara agar tidak Mendengkur saat kamu tidur. Mendengkur adalah fenomena yang sering terjadi di masyarakat dan sebagian orang mencari cara untuk menghilangkan kebiasaan itu. Dalam kasus tersebut, Banyak orang yang mengalami hal itu, dan ini adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. Mengapa? Karena dengkuran bisa terjadi karena faktor obesitas, misalnya struktur di dalam mulut yang kurang baik dan terutama jika dengkuran mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Tahukah Anda bahwa mendengkur di tempat tidur akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke? Tidak hanya itu, mendengkur saat tidur bisa jadi menandakan kekurangan oksigen di tubuh Anda di malam hari sehingga menyebabkan otak Anda lapar akan oksigen. Akibatnya, pada siang hari Anda akan mengalami rasa kantuk yang berlebihan dan tidak dapat berkonsentrasi saat Anda merasa sudah memiliki waktu tidur yang cukup. Nah, untuk menghentikan kebiasaan ini, ikuti cara menghilangkan dengkuran saat tidur di bawah ini.

Cara agar tidak Mendengkur saat tidur

  1. Menurunkan berat badan berlebih adalah cara paling ampuh menghilangkan dengkuran terdepan. Orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki lemak yang cukup banyak di tubuhnya, termasuk di daerah leher. Lemak yang berlebihan di area leher bisa ‘jatuh’ dan menekan tenggorokan sehingga saluran udara yang menghubungkan hidung dan mulut ke paru-paru tersumbat. Penyumbatan inilah yang membuat Anda mendengkur saat tidur. Dengan menurunkan berat badan berlebih, Anda bisa mengikis kelebihan lemak di area leher yang akan menghilangkan dengkuran.
  2. Olahraga adalah kunci nomor dua untuk menghilangkan dengkuran. Tahukah kamu jika olahraga yang kamu lakukan dengan benar dan teratur dapat membantu menurunkan berat badan, mengencangkan otot lengan dan perut serta tentunya memperkuat otot-otot di daerah tenggorokan. Otot yang semakin kuat di daerah tenggorokan bisa menjadi cara mengatasi dengkuran yang mengganggu. Cara menghilangkan dengkuran yang satu ini harus kamu lakukan dengan teratur dan konsisten.
  3. Berhenti merokok merupakan langkah penting selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan dengkuran. Meski sulit dan mengandung banyak tantangan, berhenti merokok akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Asap rokok yang Anda hirup mengiritasi selaput lapisan hidung dan tenggorokan. Lapisan membran yang teriritasi ini dapat menghalangi jalan nafas dan akhirnya menyebabkan dengkuran.
  4. Tidur dalam posisi miring selanjutnya adalah cara menghilangkan dengkuran juga sangat efektif. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa tidur miring tanpa mengetahuinya adalah dengan menjahit kaus kaki di bagian belakang baju tidur, kemudian memasukkan bola tenis ke dalamnya. Dengan begitu, setiap Anda tidur dalam posisi ter-lentang, otomatis tugas Anda akan berpindah ke posisi miring. Bagaimana caranya lebih mudah? Minta pasangan Anda untuk memiringkan tubuh setiap kali Anda tidur dengan posisi telentang dan mendengkur.
  5. Hindari makan malam minimal 3 jam sebelum tidur lebih awal. Konsumsi makanan yang cukup sebelum tidur dapat menyebabkan otot tenggorokan menjadi lemas dan rileks, serupa dengan efek konsumsi alkohol sebelum tidur. Ini akan melemaskan otot dan membuat Anda lebih mungkin mendengkur saat tidur. Nah, cara menghilangkan dengkuran kali ini adalah dengan menjaga makan malam yang berat minimal 3 jam sebelum tidur. Faktanya, usahakan untuk tidak makan apapun 2 jam sebelum waktu tidur.

Upaya di atas harus kamu lakukan agar tidak mendengkur kembali. Selain itu, upaya di atas juga mampu menciptakan tidur yang berkualitas dan kehidupan yang lebih baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika langkah-langkah di atas tidak mampu menghilangkan kebiasaan mendengkur Anda. Ya, dokter dapat dan akan membantu Anda mengatasi masalah dengkuran. Semoga artikel ini memberikan ilmu dan manfaat baru bagi kesehatan Anda.

Tentang penulis : Ardi Putra
Tell us something about yourself.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *