Penyebab artikel tidak terindex Google dan cara mengatasinya
Home » Berita Hari Ini » Panduan SEO » Penyebab artikel tidak terindex Google dan cara mengatasinya

Penyebab artikel tidak terindex Google dan cara mengatasinya

Apa Penyebab artikel tidak terindex google dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel adalah Konten berupa teks yang membahas topik tertentu pada suatu blog dan di Kemas pada 1 halaman kemudian di Simpan pada sebuah Blog. Artikel bisa saja tidak terindex baik sementara atau selamanya. Tentu ada penyebab yang mengakibatkan hal Itu terjadi. Sehingga seorang Blogger wajib melakukan perubahan dengan benar.

Sayangnya banyak Blogger menghiraukan hal tersebut sehingga muncul dampak yang sangat serius. Tak lain masalah tersebut adalah terjadinya penurunan trafik. Jika di Biarkan terus-menerus, yang akan terjadi adalah Blog menjadi sepi dan peluang menuju sukses semakin kecil. Maka dari itu sebelum terlambat, Kamu harus mencari penyebab artikel tidak ter-Index oleh Google. Kumpulkan data yang ada, Lalukan analisa dan perubahan untuk memulihkan trafik.

Menurut sejumlah kasus yang saya temukan, ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Kami telah mengumpulkan semua data terkait faktor tersebut dan siap buat kamu Pelajari.

Penyebab Artikel tidak terindex Google

  1. Terindikasi Spam
  2. Configurasi Robot Txt Salah
  3. Adanya duplikat Title atau judul artikel
  4. Sturfing Keyword
  5. Belum di Daftarkan ke Google Search Console
  6. Sistem Webmaster bermasalah
  7. Template tidak SEO Friendly

Coba kenali masalah tersebut. Buat perubahan sesuai pedoman Google Webmaster. Jika tidak tahu caranya, Coba lihat perdalami tata cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pelajari langsung lewat bab berikut ini.

Artikel Terindikasi Spam

Banyak sekali kita jumpai di Internet Blog yang menulis artikel dengan topik yang sama. Padahal Google sudah menegaskan jika blog yang berisi Topik serupa akan di Abaikan dan mungkin juga di Anggap duplikat. Apabila hal itu terjadi pada Blog milikmu, maka bersiap-siap menerima hukuman yang berupa De-Index.

Baca Juga : 5 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 detik

Sedangkan jika Blog yang kamu bangun berisi Artikel hasil Copy paste, Maka hukumanya adalah Penalty. Kasus ini umumnya menimpa blog yang selalu mengejar Keyword dan mengabaikan pedoman webaster.

Artikel Copy paste memang sangat merugikan. Sehingga kami sarankan supaya kalian meninggalkan perbuatan itu, Apalagi menggunakan AGC. Ini sangat menyalahi aturan. Kenapa? Banyak pihak yang akan kamu Rugikan dan balasanya adalah de-Index karena spam.

Bagaimana Mengatasi Artikel tidak Terindex Google Karena Spam …

Jika kamu ingin supaya Artikel cepat Terindex kembali, jangan pernah lakukan tindakan copas artikel. Luangkan waktu 2 Jam untuk lebih fokus menulis Artikel original. Namun apabila kalian merasa hal ini adalah suatu tindakan yang sulit, maka gunakan jasa penulis Artikel yang ahli dalam bidangnya. Lebih baik mengeluarkan modal demi kesuksesan blog kamu di Banding harus Copas sana-sini.

Baca Juga : SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress

Percuma Jika kamu lakukan hal itu secara menyeluruh. Nantinya kamu akan menerima akibatnya. Salah satunya adalah Spam dan berujung De-Index Artikel. Bahkan ada pula yang terkana klaim hak cipta.

Configurasi Robot Txt Salah

Robots.txt adalah sebuah file berformat text (.txt) yang sangat wajib di miliki oleh setiap situs blog di internet yang di daftarkan pada mesin pencari seperti google. Fungsinya adalah sebagai alat pemanggil robot crawl untuk mengindex suatu halaman. Apa bila robot.txt salah maka artikel yang sudah kamu tulis tidak akan pernah di Index Google.

Jika faktor Robot txt menjadi penyebab artikel tidak ter-Index, maka gunakan metode sebagai berikut

Silahkan ganti perintah Robot txt Google anda dengan perintah berikut Ini.

Blogger :
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://domain.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Silahkan Ganti URL sitemap domain.com dengan URL sitemap Blog Anda.

Jika kamu menggunakan WordPress Self Hosting, maka harus menginstal Plugin terlebih dahulu. Rekomendasi kami adalah plugin Yoast SEO atau SEO all on One itu sama saja. Aktifkan Fitur robot TXT lalu buat perintah sebagai berikut

User-agent: *
Disallow: /cgi-bin
User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /
User-agent: Adsbot-Google
Allow: /
User-agent: Googlebot-Image
Allow: /
User-agent: Googlebot-Mobile
Allow: /
Sitemap: http://www.bloganda.com/sitemap.xml

Perintah Disallow bisa kamu terapkan pula untuk mencegah index halaman /wp-admin, /wp-includes, /wp-content, dan halaman lainya.

Silahkan lihat pada bagian sitemap. Sesuaikanlah url bloganda.com dengan URL sitemap blog kalian. Setelah membuat configurasi Robot.txt, Langkah selanjutnya yaitu submit ulang root domain ke Google Search Console. Kirimkan pula Url sitemap blog kalian (Jika ada).

Adanya duplikat Title atau judul artikel

Dalam satu hari, ada ribuan bahkan jutaan orang yang mempublikasikan artikel dengan judul yang sama. Jika artikel yang kamu buat ingin di Anggap unik, Buatlah judul yang berbeda dan tetap mempunyai nilai Click Trough Right (CTR) yang tinggi. Tapi hal ini tidak langsung memberi dampak positif, Terutama jika sekor Autority masih rendah.

Cara Mengatasi Artikel tidak Terindex Google karena Duplikat Title

Sebenarnya cara mengatasi hal ini sangat mudah. Namun hanya berlaku untuk mereka yang sudah mengenal SEO ( Search Engine Optimize ). Buat atau Rubah Judul artikel tersebut ke dalam bentuk Long tail Keyword. Setelah melakukan perubahan, Kirim ulang permalink ke Webmaster supaya perubahan yang Kamu lakukan bisa masuk ke Daftar antrian crawl di.

Menerapkan Longtail Keyword lebih baik daripada Sort keyword yang dominan di Kuasai oleh situ besar dengan autority tinggi. Sesekali, pelajari Seo On page bagian 1 yakni tentang cara menerapkan longtail Keyword.

Sturfing Keyword

Sturfing keyword sendiri biasanya di Alami oleh pemula yang baru belajar SEO On Page. Munkin mereka tidak sengaja atau bahkan dengan sengaja menggunakan Keyword yang berlebihan. Pikirnya strategi itu mampu mendatangkan trafik dengan cepat. Nyatanya malah sebaliknya. Artikel bisa juga terkena spam jika kamu melakukan strategi serupa.

Berapa jumlah keyword yang baik menurut Pedoman webmasters? Sebenarnya tergantung dari jumlah kata yang kamu tulis. Tapi, setidaknya maksimal 3% dan minimal 2% dari jumlah keseluruhan kata pada artikel.

Belum di Daftarkan ke Google Search Console

Penyebab artikel tidak terindex Google selanjutnya adalah karena belum terdaftar di Google Search Console. Sebenarnya tanpa kita mengirimkan blog ke GSC, Google sudah bisa melakukan crawal pada halaman. Hal ini karena adanya proses rendering otomatis. Tapi, mendaftarkan Blog ke Google jauh lebih baik.

Kita bisa memantau lalulintas trafik, Masalah yang muncul, dan melihat perkembangan blog kita. Tidak hanya itu, masih ada banyak ke-Untungan yang akan kamu dapatkan setelah melakukan verifikasi. Sistem kerja Google search Console ini bagi saya sangat akurat. Terutama pada laporan data blog kita yang sudah berhasil terkam disana. Setiap ada kesalahan, Maka muncul laporan dan kita wajib melakukan perubahan baik sebagian atau sepenuhnya.

Perubahan ini yang akan membantu kita supaya blog tetap dalam kondisi sehat dan bebas dari eror. Dengan begitu, Google akan semakin mudah merayapi halaman artikel yang sudah kita buat.

Sistem Webmaster bermasalah

Seperti yang kita ketahui. Saat ini Google sedang melakukan perubahan pada fitur inspec url, Sehingga kita tidak bisa submit permalink. Apa tindakan yang harus kamu mabil? Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu gunakan. Coba pelajari cara itu Di Sini dan tinggalkan komentar jika belum paham dengan yang saya sampaikan.

Template tidak SEO Friendly

Templat merupakan kerangka utama pada suatu halaman. Mulai dari tampilan, menu dan lainnya melekat pada strukture templat. Jika template anda berantakan atau kurang SEO, maka blog anda akan sulit di index oleh mesin telusur google. Kesalahan yang sering kita temui adalah eror pada elemen sechema markup. Ada pula yang menerapkan Markup tidak sesuai dengan artikel yang di Buat.

Solusinya adalah … Kamu bisa pelajari di Halaman Google developer. Gunakan dan markup yang sesuai. Saya tidak paham dengan strukture tempate, Bagaimana solusinya? Gunakan jasa template atau bisa beli template premium. Selebihnya tentang template, Kamu bisa pelajari langsung pada topiknya.

Tentang penulis : Aceng Gimbal
Sosok antusias dengan dunia Blogging untuk mengejar perubahan.

7 komentar untuk “Penyebab artikel tidak terindex Google dan cara mengatasinya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *