SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress
Home » Berita Hari Ini » Panduan SEO » SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress

SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress

Cara optimasi gambar di WordPress Plugin optimasi gambar di WordPress Cara optimasi gambar blog Cara optimasi gambar di website

Bagaimana cara menerapkan strategi SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress? Optimasi SEO Gambar ternyata mampu meningkatkan Trafik pada sebuah blog dan tentu hal tersebut dapat membantu seorang blogger untuk menciptakan situs blog yang bertrafik. Pastinya Visitor yang masuk adalah Organik Trafik, Bisa dari Google Search, Bing search atau bisa jadi dugdugo.

Bagi pemilik situs walpaper, Tentu SEO Image Optimization ini sangat berguna sekali. Apalagi isi blog tersebut merujuk ke kompetitor dengan isi konten media seperti gambar yang seakan sulit bersaing dengan website besar yang sudah launcing terlebih dahulu. Contoh simpelnya adalah website pixabay.com. Apakah kamu mampu bersaing dengan mereka jika klamu tidak menerapkan strategi ini?

Optimasi kali ini Fokus pada Google Image yang nantinya Gambar pada artikel akan langsung terindex di hasil penelusuran Google Image dan bahkan penelusuran Global. Kecepatan Index pun akan bersamaan dengan Index Artikel yaitu setelah Anda melakukan Inspec URL di Google Search Console.

Perlu kalian sadari, Saat ini Google sudah mengenal Objek gambar yang ada pada sebuah artikel. Hal itu muncul karena faktor Algoritma image yang memang dari dulu sangat sulit terpecahkan. Kenapa ? Dulu Optimasi SEO gambar dengan metode HTML saja sudah cukup, dan bahkan Google image sudah bisa mengenal gambar yang kita unggah, Optimasi HTML yang dulu saya lakukan hanya cukup menambahkan title dan alt saja, tapi sekarang tidak cukup.

Apa yang terjadi dengan SEO lama

Jawabanya ada pada Google Cloud Vision API yang Algoritmanya sudah mampu mengenal objek pada gambar. Sehingga apabila image tidak sesuai dengan artikel (Terutama dengan Judul) maka kemungkinan akan kalah bersaing dengan Pro blogger yang dalam hal ini mereka adalah pemain SEO yang mampu melumpuhkan kompetitor.

Coba Anda cermati dan perhatikan posisi artikel dari situs berita di Serp Googl. Mayoritas artikel mereka selalu muncul pada urutan paling atas dan konten kita banyak yang berada di bawah. Justru yang lebih aneh adalah jumlah kata pada artikel berita lebih pendek. Tentu kalian pernah berfikir, Kenapa ini terjadi?

Situs berita menerapkan gambar asli, bukan hasil redesign dari orang lain. Sementara itu, Blog / situs berita juga dengan menggunakan menggunakan strategi SEO Image dan Konten piramida terbalik. Faktor tersebut menjadikan konten dari blog berita selalu unggul di Google search engine dan mesin pencari lainya. Lalu bagaimana Cara optimasi SEO untuk gambar yang benar ? Ikuti beberapa langkah berikut ini.

Buat objek gambar supaya Relavan dan lebih SEO

Sama seperti konten teks yang juga harus relavan agar masuk pada daftar Seo On page, Gambar juga harus relavan agar mampu menarik perhatian pembaca. Apabila artikel kamu membahas tentang cara mengatasi kuncing muntah maka kamu bisa membuat Objek gambar seekor kucing yang sedang muntah dan tambahkan juga gambar obat atau solusi lainya.

Tujuan membuat Gambar seperti petunjuk tersebut ternyata dapat meningkatkan Click TroughRate pada mesin pencari Google Image. Coba Kalian bayangkan! Ketika kamu mencari Template WordPress terbaik menggunakan Google Search Image, Gambar apa yang akan kamu Klik? Pasti gambar template dengan design profesional. Tidak mungkin kamu memilih gambar Template yang tekesan mencolok.

Jadi Gambar relavan sangat penting untuk manarik pehatian pembaca dari google Image terutama untuk meningkatkan Click TrhoughRate (CTR).

Make the image URL into SEO

Setiap File pasti punya nama, Namun nama tersebut akan terbentuk secara otomatis sehingga kuliatas SEO sangat rendah. Maka dari itu, Ciptakan nama File gambar agar relavan dengan konten. Nama gambar yang baik untuk SEO adalah menggunakan target Keyword atau sama dengan judul Artikel yang Anda buat (Berlaku untuk gambar Unggulan/utama).

Contoh : Apabila kamu membuat artikel yang berjudul “Asuransi Mobil” maka Nama file gambar yang benar adalah “asuransi-mobile” dan sesuaikan pula dengan Permalink artikel, usahakan nama tersebut juga bagian dari permalink artikel itu sendiri.

Sesuai garis besar, Nama file untuk gambar menurut SEO On Page harus mengandung keyword yang terkutip dari Title Artikel. Tidak hanya itu, Nama File gambar juga harus ada pada permalink Artikel. Pernyataan ini sengaja saya singgung kembali agar tidak salah dalam prakteknya nanti. Bagaimana strategi SEO Image optimization Selanjutnya?

Pilih Format Gambar JPEG or Webp

Saya sendiri lebih merekomendasikan untuk fomat .webp ketimbang JPEG. kenapa ? Menurut pengalaman, Format gambar tersebut punya ukuran lebih kecil tapi tidak mengurangi kualitas gambar yang berlebihan. Tanpa melakukan kompres, Kamu bisa membuat gambar jernih dengan ukuran rata rata 15kb – 30kb saja. Seberapa penting fomat Gambar ?

Coba lihat pada optimasi Page speed Insight, Google telah menyarakan kepada pemilik situs untuk mengoptimlkan kecepatan muat halaman agar menjadi user Friendly. Kaitanya dengan format Gambar adalah ada pada kesalahan loading yang bisa muncul ketika kita melakuan cek loading halaman pada Google Page speed Insight. Menurut Google Page Speed, Format .webp lebih baik untuk memaksimalkan SEO yang artinya masuk pula pada kategory SEO Image. Solusi lain ketika tidak memilih Format .webp maka harus mengurangi size pada gambar tersebut.

Hasil Trafik yang saya peroleh

Setelah sekian lama saya amati, Ternyata Google images memberi kesan positif kepada saya. Algoritma google Gambar menyambut poisitif optimasi yang saya lakukan, Hingga pada akhirnya dalam waktu singkat, Artikel yang saya publish langsung memperoleh trafik Organik.

seo image optimisation pada blogger dan wordpress
Penelusuran Google Image by : Disqusweb.com

Coba lihat Gambar :

  • Gambar tersebut adalah Laporan Google Search console Terkait Visitor yang datang ke Blog lewat Pencarian Gambar.
  • Jmlah besar kecilnya trafik / Visitor yang datang tergantung dari Volume Pencarian / Bulan
  • Akan lebih besar lagi trafik yang masuk ke blog kita apabila artikel memiliki volume besar dan fokus pada blog / website Gambar

Untuk mendatangkan Trafik Organik yang besar, Anda bisa menerapkan Table Of Content atau dalam kata lain Membuat Daftar isi / Table Toc. Khusus untuk blogger, saya sudah mengupdate tutorial yang bisa berjalan otomatis. Coba pelajari cara itu Di sini Selain itu, Pelajari juga Cara Riset keyword yang benar agar tepat sasaran.

Gambar laporan trafik itu saya kutip dari laporan Google search Console dari situ kecil gratisan yaitu Respontrik. Bagaimana menurut kalian? apakah artikel ini bisa membantu Anda dalam hal SEO …. Itulah strategi SEO Image yang bisa kamu terapkan pada situs blog atau website.

Tentang penulis : Aceng Gimbal
Sosok antusias dengan dunia Blogging untuk mengejar perubahan.

2 komentar untuk “SEO Image optimization Untuk Blogger dan WordPress”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *